WORLDLIFE CONSERVATION SOCIETY (WCS) GANDENG MAHASISWA UNSA MONITORING HASIL TANGKAPAN IKAN DI PERAIRAN TELUK SALEH

  • By
  • Posted In

Wildlife Conservation Society (WCS) merupakan LSM internasional yang bergerak dalam bidang konservasi dan lingkungan hidup melakukan monitoring ikan hasil tangkapan nelayan di perairan Teluk Saleh. Pada kegiatan monitoring tersebut, WCS mengajak mahasiswa program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP) UNSA. MSP sendiri merupakan Program Studi yang memiliki fokus kajian pada sumberdaya perairan dan perikanan. Selain itu, secara profesional pihak WCS menilai bahwa mahasiswa MSP telah berpengalaman dalam mengkaji bidang-bidang perikanan seperti potensi perikanan Kabupaten Sumbawa, terumbu karang di berbagai pulau, konservasi laut Sumbawa, penanaman mangrove dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Tujuan monitoring hasil tangkapan ikan bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi tingkat pemanfaatan ikan kerapu dan kakap di Teluk Saleh. 2) Mengindentifikasi tingkat keuntungan yang didapat oleh nelayan secara langsung dari aktifitas perikanan kakap dan kerapu. 3). Mengidentifikasi pola tekanan perikanan terhadap ekosistem yang disebabkan oleh aktifitas perikanan tangkap. Monitoring hasil tangkapan ikan ini dilakukan di perairan Teluk Saleh yang merupakan “Akurium Dunia”. Pada kegiatan tersebut, WCS bersama mahasiswa mengambil beberapa data, diantaranya komposisi jenis dan produksi ikan, jenis alat tangkap, lokasi penangkapan, kedalaman, zonasi lokasi penangkapan, kategori mesin, jumlah ABK, biaya operasional (BBM, es, umpan, dan lainnya) hingga jumlah pendapatan yang diperoleh oleh nelayan.
Hasil dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi bahan acuan/rekomendasi kebijakan dalam pengelolaan wilayah perairan Teluk Saleh baik dari segi ekologi maupun sosial ekonomi masyarakat yang ada disekitarnya. Melalui kegiatan ini juga, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa serta dapat diterapkan dalam penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan perikanan karang. Secara khusus WCS sangat mengapresiasi keaktifan dan keahlian para mahasiswa, dengan begitu WCS akan tetap melaksanakan kerjasama dengan MSP UNSA dalam berbagai agenda-agenda yang berkaitan dengan Sumberdaya Perairan dan Perikanan.

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »