WORKSHOP PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH KEMENRISTEK DIKTI

            Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Dirjen Penguatan dan Pengembangan Riset, Direktorat Riset dan Pemberdayaan Masyarakat telah melaksanakan Workshop pengabdian masyarakat yang di pusatkan di Hotel Lombok Raya Mataram pada tanggal 26-27 Februari 2016. Kegiatan tersebut begitu penting mengingat “Pengabdian Masyarakat” merupakan hal yang wajib bagi para akademisi melalui penelitian atau riset yang sesuai dengan amanat Tri Darma Perguruan Tinggi.  Reputasi Perguruan Tinggi akan tercermin melalui kontribusi pengembangan IPTEKnya berupa karya-karya ilmiah dan kemanfaatan hasil pengabdian, sebagai sumbangan nyata kepada masyarakat. Pengembangan IPTEK di Perguruan Tinggi bukan saja terlaksana melalui kegiatan pendidikan dan penelitian, namun juga pengabdian masyarakat (PM). Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi dapat dikelompokkan sekurang-kurangnya menjadi tiga, yaitu Pengembangan Instutusi, inovasi baru dalam pengembangan IPTEK para dosen dan pemecahan masalah melalui kerjasama Perguruan Tinggi dengan berbagai instansi eksternal.

Adapun peserta dari kegiatan tersebut adalah Pimpinan LPPM/ LPMUPPM Perguruan Tinggi dengan kriteria antara lain : pernah melakukan penelitian Hibah Bersaing/ Strategi Nasional, pernah atau sedang melaksanakan progam pengabdian masyarakat, pernah membimbing KKL, pernah membimbing program PKM. Universitas Samawa (UNSA) menjadi bagian dari kegiatan tersebut dan UNSA telah mengirimkan tiga dosen/ anggota LPPM untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sementara pemateri/ narasumber dari kegiatan tersebut adalah para pakar PM dari Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Direktur Litabmas.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman peserta Workshop akan visi dan program PM sekaligus fungsi dan kewajiban pengelolaan lembaga LPPM/ LPM/ UPPM Perguruan Tinggi sehingga mampu meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan dan kinerja lembaga, meningkatkan kapabilitas peserta dalam memotivasi dan memfasilitasi tenaga pendidik perguruan tinggi masing-masing untuk berkontribusi aktif dalam program pengabdian masyarakat.

IMG-20160227-WA0030

 

IMG-20160227-WA0028

IMG-20160227-WA0022 (1)

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply