UNSA Masuk Rangking Dunia dan Nasional

UNSAUniversitas Samawa (Unsa) Sumbawa Besar, ternyata tidak kalah dengan Perguruan Tinggi (PT) lain yang ada di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui Laporan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui web simlitabmas.dikti.go.id dan www.webometris.info. Dalam web tersebut, Unsa masuk dalam katagori kampus terbaik dunia.
“Itu faktanya, ketika kami mengupdate informasi di web itu, Unsa masuk katagori perguruan tinggi terbaik dibidang kesehatan, riset (mahasiswa dan dosen) dan juga klasifikasi dosennya,“ ungkap Rektor Unsa Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd.
Diungkapkan, dari seluruh PT. yang ada di dunia, dalam bidang kesehatan (good practice), Unsa berada pada ranking 11.310. Menurut Rektor, tidak semua PT di dunia masuk ke dalam perankingan tersebut, melainkan hanya 12.000 PT. “Masih banyak perguruan tinggi lain yang tidak masuk. Karena itu diambil dari ranking 12.000,” terangnya.
Begitu juga secara Nasional, tidak semua PT di Indonesia masuk kedalam perankingan. Dalam hal ini, Unsa berada di ranking 160 dari 400 PT tersebut. Sedangkan di tingkat Provinsi NTB, Unsa berada di ranking tiga setelah Unram dan STAIN. “Kalau di pulau Sumbawa, ya hanya Unsa saja,” Ujarnya.
Sedangkan untuk katagori kampus riset (mahasiswa dan dosen) dalam program hibah resmi Dikti 2014, Unsa mendapatkan ranking 348 dari seluruh kampus yang ada di Indonesia. Ditingkat Kopertis Wilayah VIII (Bali-nusra), Unsa berada di ranking ketujuh. “Masalah riset, Unsa juga cukup baik. Kalau untuk di NTB, Unsa Ranking ketiga dari perguruan tinggi lain yang ada di NTB ini. Itu jelas faktanya, coba cek di web resmi Dikti. Cuma sayang, selama ini Unsa kurang dalam mempublikasikan prestasi-prestasi itu dan tidak gembar gembor” cetus Rektor Ude, akrap Rektor disapa.
Bukan hanya itu, Rektor juga mengungkapkan prestasi Unsa dalam Hal Sumber Daya Manusia (SDM) staf pengajar atau dosennya. Kata Rektor, kelengkapan dosen tetap Unsa, kualifikasi S2 dan S3, itu juga terdaftar di web resmi Dirjen Dikti. Bahkan dalam hal tersebut, Unsa masuk lima besar dari seluruh PT yang bernaung di Kopertis Wilayah VIII.
Saat ini, Unsa memiliki lima dosen yang sudah S3. Sembilan dosen yang sedang kuliah S3. Tahun ini, Unsa juga akan memberangkatkan enam dosen yang akan mengambil S3. “Sisanya S2. Mereka menunggu giliran berikutnya untuk mengambil S3. Biaya studi semuanya dari beasiswa BPPS Dirjen Dikti,” pungkasnya.(sis).

Bagikan

Berita Terkait

Leave us a reply