UNSA dan Sumbawa Menjadi Tuan Rumah FRI 2017 Menghadirkan Ibu Susi Fudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan)

Eksistensi Universitas Samawa (UNSA) menjadi sorotan dalam Forum Rektor Indonesia (FRI), sebab Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd selaku rektor UNSA menjadi salah satu dewan pertimbangan FRI yang terpilih pada tahun 2017 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) beberapa bulan yang lalu. Dipilihnya Prof Ude sapaan akrab rektor UNSA tersebut tentu didasarkan atas keaktifan dan ide-ide kontruktif beliau dalam setiap agenda FRI yang kemudian membuat FRI menunjuk beliau menjadi salah satu pertimbangan FRI, dan sekaligus FRI menunjuk UNSA dan Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumah FRI 2017. Kegiatan terseut merupakan agenda besar yang bersifat nasional, sebab para rektor dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia akan berkumpul di Sumbawa dalam acara forum tersebut.

Selain itu, dalam agenda terseut dirangkaikan dengan seminar nasional kemaritiman dan Focus Group Discussion (FGD) di Sumbawa Besar, Sabtu 12 Agustus mendatang. Seminar yang akan menghadirkan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti sebagai keynote speaker itu diinisiasi oleh Forum Rektor Indonesia (FRI) bekerjasama dengan Universitas Samawa (UNSA) dan didukung penuh Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Prof Ude selaku inisiator mengungkapkan bahwa ditunjuknya UNSA dan Sumbawa menjadi tuan rumah adalah suatu penghargaan dan kebanggaan yang luar biasa, sebab untuk pertamakalinya kami ditunjuk mengingat ini adalah forum nasional dan sekaligus tidak sembarang kampus ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Kami akan mempersiapkan secara matang kegiatan ini dan kami sangat bersyukur bahwa agenda ini didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, M Lutfi Makki S.Pd M.Si menyatakan selain Menteri Susi, juga akan tampil empat pembicara lainnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri (Menteri Kelautan dan Perikanan era 2001-2004), Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof. Dr. Suyatno, MPd, dan Ketua Pokja Maritim FRI, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, serta Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, B.Sc. Peserta seminar selain dari kalangan birokrasi, pengusaha, dan mahasiswa dari Kabupaten Sumbawa, juga akan hadir dari kalangan perangkat daerah Provinsi NTB dan kabupaten/kota se-NTB. Seminar yang mengangkat tema: “Memperkuat Potensi Maritim Melalui Sinergi Perguruan Tinggi dan Industri” itu diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan kemaritiman, khususnya memberdayakan potensi maritim Kabupaten Sumbawa dalam upaya mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Kabupaten Sumbawa dengan wilayah pantai dan lautnya yang potensial, sangat menjanjikan bagi pengembangan investasi di bidang pariwisata maupun industri.

Selain agenda seminar dan FGD, ungkap Kabag Lutfi, Menteri Susi juga dijadwalkan akan mengunjungi Pondok Pesanteren Internasional Dea Malela di Lenangguar dan akan membawa bantuan Program Budidaya Lele senilai Rp 600 juta. Menteri juga diharapkan dapat melihat langsung potensi kelautan dan perikanan Kabupaten Sumbawa, serta meninjau rencana lokasi pelabuhan laut di wilayah Teluk Santong. Sejauh ini panitia terus melakukan berbagai persiapan, serta komunikasi intens dengan pihak kementerian dan telah mendapat konfirmasi tentang kehadiran Menteri Susi ke Sumbawa Besar.

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply

Translate »