TINDAK LANJUT KERJASAMA UNSA DENGAN KEPA & JICA JEPANG

Universitas Samawa (UNSA) melalui Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP) UNSA mengadakan kerjasama dengan Kitakyushu Environment Preservative Assosiation (KEPA) Jepang dan Perlindungan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Kitakyushu yang dibiayai oleh Badan Kerjasama Pemerintah Jepang dengan negara-negara berkerkembang (JICA) melalui workshop Pembuatan Kompos Metode Takakura dan pembuatan buku sederhana bagi petani. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahaman antara UNSA dengan JICA-KEPA Jepang. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan magang ke Jepang selama dua minggu pada bulan Juli 2015 yang lalu yang diwakili oleh salah satu dosen Fakultas Pertanian dan Perikanan UNSA yaitu Wening Kusumawardani, SP.,MP.

Wening Kusumawardani, SP.,MP yang sekaligus Ketua Program Studi (Kaprodi) Agroteknologi FPP UNSA dan Ketua Panitia Workshop tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting yang bertujuan untuk menyebar luaskan informasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan sampah organik rumah tangga salah satunya menggunakan metode Takakura serta cara pembukuan sederhana pada Usaha Tani. Ini metode terbaru yang sangat berguna bagi masyarakat khususnya para petani sebab selama ini kita lihat petani kita dalam kehidupannya, terlalu banyak yang tidak mampu memanfaatkan hasil pertaniannya melaui usaha yang dilakukan serta kurangnya planning atau perencanaan yang terprogram, kemudian dengan petani nantinya mengetahui cara pembuatan kompos metode Takakura ini, diharapkan petani mampu lebih survive dan terbantu dalam menyuburkan tanaman-tanaman pertaniannya sehingga hasilnya lebih maksimal.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari kamis, 18 februari 2016 pukul 09.00 di Auditorium UNSA. Peserta dalam workshop tersebut adalah dari kalangan dosen dan mahasiswa. Diharapkan nantinya peserta dapat memahami semua materi yang dipaparkan dan kemudian menyalurkan hasil pengetahuan workshop tersebut kepada masyarakat, minimal dilingkungannya yang nantinya akan berkembang keseluruh masyarakat.

IMG-20160218-WA0003

 

FB_IMG_1455777682688

 

IMG-20160218-WA0008

 

 

 

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply