Terharu…Ucapan Terimakasih Para Kades ke UNSA

Tidak ada perasaan lain selain perasaan terharu, hal itulah yang dirasakan oleh Rektor Universitas Samawa (UNSA) ketika didatangi oleh beberapa Kepala Desa (Kades) dalam waktu yang berbeda. Beberapa Kades tersebut diantaranya Kades Tatede, beberapa Kades di Kecamatan Lape, serta Kades-Kades lain yang menitipkan salam secara langsung melalui para mahasiswa dan para dosen. Hal tersebut dilakukan sebab para mahasiswa-mahasiswa UNSA telah mengabdikan diri mereka selama dua bulan melalui program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di desa mereka. Para mahasiswa KKL yang tersebar di beberapa desa tersebut telah mengabdikan diri untuk berkontribusi nyata membantu pemerintah desa baik program desa yang sudah ada maupun yang belum ada. Terkait dengan program yang belum ada di pemerintah desa, para mahasiswa melakukan berbagai kreativitas dan inovasi yang terangkum dalam program yang dibuat oleh para mahasiswa untuk dua bulan selama pelaksanaan KKLnya, baik berupa program pemberdayaan masyarakat, program administrasi desa, program fisik, dan program-program inovatif lainnya.

Dengan pengabdian yang begitu tulus dari para mahasiswa, yang telah mampu merubah paradigma (Berafiliasi) desa melalui program-programnya, bahkan diantara desa-desa tempat mereka KKL, ada yang dijadikan sebagai desa binaan untuk program pengabdian masyarakat bagi UNSA, sehingga pemerintah desa merasa terbantu atas pengabdian dari para mahasiswa UNSA yang sedang KKL. Selain itu, kedekatakan kekeluargaan secara emosional yang berhasil mereka bentuk melaui silaturrahim dengan para warga desa telah menumbuhkan semangat baru bagi desa. Atas dasar itulah para Kepala Desa merasa bahwa kehadiran mereka telah banyak berkontribusi dan membantu desa., sehingga tanpa diduga, para Kepala Desa secara langsung menyambangi Rektor UNSA diruangnya secara langsung untuk mengucapkan rasa terimakasihnya kepada UNSA.
Para kepala desa tersebut secara langsung mengharapkan kepada Rektor UNSA untuk tahun berikutnya secara rutin menempatkan para mahasiswa di desa-desanya. Rektor UNSA merasa terharu akan kedatangan para Kepala Desa tersebut. Rektor UNSA sangat bangga atas telah diterimanya para mahasiswa UNSA di desanya masing-masing. Bagi UNSA, kami siap mengabdi untuk masyarakat karena hal itu merupakan kewajiban bagi sebuah Perguruan Tinggi, bagi kami walaupun mungkin tidak besar apa yang telah kami lakukan, serta mungkin sangat sederhana, yang penting secara langsung bermanfaat bagi masyarakat, itulah essensinya pendidikan, sebut Rektor UNSA.
#TerimakasihUNSA
#TerimakasihMasyarakatSumbawa
#TerimakasihParaKepalaDesa
#PengabdianMasyarakat

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply