Seluruh Rangkaian Kegiatan Milad UNSA XVIII Sukses Digelar

Seluruh rangkaian kegiatan pada Milad Universitas Samawa (UNSA) XVIII sukses digelar. Kegiatan yang digelar sejak pertengahan September hingga penghujung Desember 2016 ini, membuat UNSA semakin dikenal. Sebab, kegiatan Milad ini tidak hanya melibatkan internal UNSA. Melainkan, pelajar yang ada di sejumlah sekolah di Kabupaten Sumbawa dan masyarakat juga ikut dilibatkan. Ketua Panitia Milad UNSA XVIII, Muhammad Salahuddin, M.Si, mengatakan bahwa Milad UNSA XVIII telah merangkum banyak kegiatan. Mulai dari yang bersifat seni, olahraga, ilmiah hingga sejumlah kreativitas lainnya. ‘’Kami kemas sedemikian rupa. Ada pertandingan, perlombaan dan lainnya. Itu diikuti oleh internal dan eksternal UNSA,’’ kata Salahuddin, saat menyampaikan laporannya di Penutupan Milad UNSA XVIII, Sabtu 31 Desember 2016 (Malam tahun baru 2017,)


Menurut Salahuddin, pihaknya sengaja melibatkan masyarakat atau pelajar pada sejumlah rangkain kegiatan yang digelarnya. Sebab, Perguruan Tinggi (PT) didirikan sebagai upaya dalam mengembangkan potensi, minat dan bakat masyarakat itu sendiri. Sehingga sejumlah kegaitan yang digelar UNSA, tetap melibatkan masayarakat. Salahuddin juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd. Dikatakan, UNSA tidak mungkin bisa berdiri kokoh seperti saat ini, tanpa perjuangan dan kerja keras Rektor bersama sejumlah pendiri lainnya. ‘’Seperti yang kta ketahui bahwa membangun UNSA ini bukan hanya dari nol, bahkan dari minus. Banyak perjuangan yang telah dilakukan, termasuk membangaun kepercayaan masyarakat. Sehingga sampai sekarang berdiri kokoh di Tana Samawa (Sumbawa, red). semoga kampus yang kita banggakan ini bisa terus melaksanakan tugasnya. Yakni sebagai pengontrol dan pendukung kegiatan pemerintah untuk kemajuan sumbawa,’’ harap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) ini.
Sementara itu, Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Islandar, M.Pd, melalui sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada ketua panitia Milad. Menurut pengamatannya, ketua panitia Milad yang dibantu sejumlah panitia lainnya, terlihat sangat sibuk selama beberapa bulan terakhir. Tentu, lanjut Rektor, hal tersebut dikarenakan oleh tanggung jawabnya sebagai ketua panitia. Untuk diketahui, penutupan Milad tersebut juga menjadi malam pembagian hadiah kepada para pemenang disetap perlombaan dan pertandingan yang telah digelar selama Milad. Selain kepada pihak eksternal atau masyarakat, sejumlah dosen juga mendapatkan hadiah dari Rektor UNSA. Terutama untuk dosen yang rajin dan berprestasi.
Melalui kesempatan tersebut, Rektor juga mengemukakan kilas balik perjuangannya selama mendirikan UNSA. Menurutnya, bermodalkan nekad dan keberanian. “Alhamdulillah juga berkat kerjasama semua pihak. Sehingga kita tetap bisa eksesis seperti hari ini,’’ kata Prof. Ude, akrab Rektor disapa. Rektor berpesan, kepada para generasi yang akan melanjutkan UNSA ke depannya untuk tetap harus berjuang. Memiliki loyalitas dan mau bekerja keras. Belajarlah dari pengalaman para pendiri UNSA. Jangan sampai jika UNSA sudah ditinggalkannya, eksistensinya malah menurun.“Tentunya saya sangat ingin UNSA tetap semakin maju. Jangan sampai suatu saat saya tinggalkan UNSA macet segala macam. Oleh karena itu, harus berusaha dan bekerja keras untuk terus memajukannya,’’ harap Professor yang dikenal sebagai peletak pondasi peradaban pendidikan di Tana Samawa ini.

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply

Translate »