Selamat, UNSA Menangi 8 PKM dan 5 PHBD Dikti

Selamat, UNSA Menangi 8 PKM dan 5 PHBD Dikti
Bersaing dengan berbagai kampus besar di seluruh Indonesia, UNSA suskes memenangkan 8 kelompok mahasiswa dari Program Kreativitas Mahasiswa ( PKM) dan 5 Penelitian Hibah Bina Desa (PHBD), sehingga total proposal kelompok mahasiswa yang akan mendapatkan pembiayaan dari Dirjen Pendidikan Tinggi berjumlah 13 proposal kelompok mahasiswa. Hal ini menunjukkan ada peningkatan dari tahun sebelumnya dimana pada tahun 2017 UNSA berhasil mendapatkan 6 PKM, dan satu-satunya tim PKM dari perguruan tinggi se pulau Sumbawa yang lolos ke PIMNAS tahun 2017. Pencapaian ini merupakan hal yang patut dan sangat dibanggakan sebab PKM merupakan salah satu program hibah Dikti yang diperebutkan oleh mahasiswa di seluruh Universitas di Indonesia. PKM merupakan bagian dari program Dikti yang terintegrasi dengan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya. PKM sendiri merupakan program pemerintah melalui Kemenristekdikti yang bertujuan untuk menghantarkan mahaiswa mencapai tahap pencerahan kreativitas dan inovasi berdasarkan penguasaan sains dan teknologi. Selain itu PKM diharapkan mampu meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, solutif, dan mandiri, serta meningkatkan mutu peserta didik di perguruan tinggi.
Adapun mahasiswa yang lolos proposal tersebut adalah Zainal Abidin dengan judul “Ui in-vitrodan in-vitro fermentasi asal rumen kambing ajaib (Kambing Bungin) untuk mengatasi krisis pakan” yang masuk dalam kategori PKM-P dan dibimbing oleh Sukarne, M.Si (Peternakan), Jineati dengan judul “Uji Kualitas Duck Mie (Inovasi Pakan Itik Dan Tepung Bekicot dan Keong Mas Dalam Bentuk Mie) Terhadap Produktivitas Itik Pedaging” yang masuk kategori PKM-P dan dibimbing oleh Sukarne, M.Si (Peternakan), Yunita Safitri Teman DJ (The Mangrove Daun Jeruju) Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Emang Lestari” kategori PKM-M dan dibimbing oleh Dwi Mardhia, M.Sc (MSP), Rana Agustina dengan judul “Emping Biji Asam Balado Tomado (Emba Bator) Sebagai Upaya Pemanfaatan Limah Masyarakat” kategori PKM-K dan dibimbing oleh Wening Kusumawardani, MP (Agroteknologi), Nela Dwi Iriani dengan judul “ TEKO BU LANG (The Daun Kopi Batu Dulang) Sebagai Minuman Sehat Dari Batu Dulang “kategori PKM-K dan dibimbing oleh Alia Wartiningsih, M.Si (Agribisnis), Nuarini dengan judul “Milapis (Minyak Lala Sumbawa Akar Pisang) Ramuan Tradisional Sumbawa Yang Kaya Khasiat” kategori PKM-K dan dibimbing oleh Fahmi Yahya, M.Pd (Pendidikan Fisika), Padli Saputra dengan judul “ TTS Untuk Omo ; Solusi Cerdas Mengatasi Krisis Air Bersih Di Dusun Omo Desa Penyaring” Kategori PKM-M dan dibimbing oleh Fahmi Yahya, M.Pd (Pendidikan Fisika, Dina Supiani dengan judul “Kefektipan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 1 Alas” kategori PKM-P dan dibimbing oleh Nining Andriani, M.Pd ( Pendidikan Ekonomi). Jumlah yang mereka dapatkan tersebut tidak lepas dari bimbingan para dosen masing-masing mahasiswa. Kedepan target UNSA akan lebih ditingkatkan dan akan secara intensif mendapakan bimbingan dari para dosen. Selanjutnya kedelapan kelompok tersebut akan bersaing dengan seluruh Universitas di Indonesia yang telah memenagkan program tersebut dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Sementara untuk PHBD, lima kelompok tersebut masih harus berusaha melengkapi proposal penuh untuk memenangkan pembiayaan Dikti.
Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos.,M.AP selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama UNSA menyatakan bahwasannya kami sangat bangga akan pencapaian dari para mahasiswa. Ada 7 bidang PKM Dikti, dan UNSA berhasil memenangkan 3 dari 7 bidang tersebut oleh 8 kelompok mahasiswa. Kedepan ini akan menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lainnya untuk dapat lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan seperti ini, guna mempersiapkan diri menjadi pemimpin, enterpreneur, dan berjiwa mandiri, sehingga mampu mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan keratif dalam bidang ilmu yang ditekuni, tutup warek III.

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply