Salah satu dosen FKIP UNSA yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya

Selamat dan Sukses

Dr. Adnan, M.Pd adalah salah satu dosen FKIP UNSA yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kebanggaan sangat terpancar setelah menyelesaikan ujian terbuka dengan hasil sangat memuaskan (A). Proses yang panjang dengan kemaksimalan ikhtiar terbalas oleh penghargaan dan kebanggaan dari para promotor dan penguji disertasinya.

Disertasi yang menyoroti secara spesifik “pengembangan model penilaian autentik integratif keterampilan berbahasa Indonesia di SMA” merupakan penemuan pengembangan penelitian yang masih sangat langkah, sehingga hasil dan advice dari penelitian ini akan dijadikan referensi utama bagi para guru yang secara khusus mengajar bahasa Indonesia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Bahkan secara khusus promotor dan penguji menyebut sebagai “pakar” penilaian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam ujian terbuka tersebut turut hadir memberikan dukungan baik dari keluarga besar Dr. Adnan, M.Pd. Selain itu, turut hadir ketua yayasan pendidikan samawa, Rektor UNSA, Wakil Rektor II, keluarga besar FKIP UNSA, dan beberapa dosen UNSA yang sedang menempuh pendidikan doktoral lainnya di ITB, UGM, UNY, UNS, dll.

“Buku & Scopus”

Proses penelitian dan pengembangan yang panjang membuat kualitas Penelitian ini diberi nilai sangat memuaskan, dan outputnya adalah sebuah buku yang secara langsung akan diterbitkan oleh UNS ekspress. Esensi dari penelitian itu telah diterbitkan dalam jurnal internasional terindeks Scopus. Selain itu, penelitian tsb dan penelitian lainnya telah diseminarkan di berbagai konferensi nasional maupun internasional. Oleh karena itu, sebagai influence dari penelitian ini nanti bisa digunakan oleh para guru sebagai indikator dalam memberikan penilaian pendidikan Bahasa Indonesia. Penemuan ini bisa diterapkan secara konsep di seluruh sekolah, dan secara spesifik di SMA. Kini Dr. Adnan, M.Pd akan kembali mengabdi ke Sumbawa sebagai dosen FKIP UNSA dan maupun sebagai pakar di bidangnya. Khusus para guru pendidikan Bahasa Indonesia, Dr. Adnan, M.Pd bisa dijadikan referensi pengajaran Bahasa Indonesia berbasis autentik integratif.

_ Surakarta, 02 Maret 2019 _

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply