Promoting Concervation for Biology Student Oleh Candidate Ph.D University of New Jerse

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNSA kedatangan salah satu yang akan mengisi program atau kegiatan dari Prodi pend. Biologi yaitu Studium General Promoting Concervation for Biology Student Oleh IDA ANSHARYANI,ST.,M.Si (Candidate Ph.D University of New Jerse) dan Tim dari Mahasiswa Amerika Serikat (USA). Keiatan tersebut merupakan agenda atau program Prodi Pendidikan Biologi. Kegiatan tersebut merupakan agenda yang dihajatkan untuk menambah wawsan mahasiswa khususnya mahasiswa Prodi Biologi tentang Promoting Concervation. Ibu Ida sapaan akrabnya pun begitu antusias dan semangat menyampaikan materi melihat mahasiswa/peserta yang begitu aktif dan semangat. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis, 8 Desember 2016 di Auditorium FKIP UNSA

Adapun materi dalam kegiatan tersebut adalah Materi 1.bahasan nya menyangkut perubahan iklim yang berakibat pada tanaman maupun hewan yg ada dilingkungan sumbawa.
2.membahas mengenai kawasan mangrove yg ada di wilayah pulau bedil keramat dan timudong kawasan wisata ekologi,yang nantinya dapat dijadikan kawasan ekowisata bernilai edukasi bagi wisatawan yg berkunjung ke pulau tersebut karena di 3 pulau tersebut bukan hanya mangrove yg dapat dijadikan objek wisata disana juga terdapat biota laut yg luar biasa bagusnya dan belum terjamah oleh tangan manusia(secara ekologi masih sangat baik: terumbu karang maupun organisme laut lainnya)di wilayah tersebut juga dijadikan tempat transit burung dr rusia kena ada berapa spesies yg singgah smntra di wilayah tersebut dan itu termasuk dalam kategori burung langka. 3.penanggulangan hama tanaman padi (gulma secara alami)karena ada spesies tanaman yg sering tumbuh di areal persawahan (lantana sp ,bahasa sumbawa:sang mamung)dan pertumbuhan tanaman tersebut dapat menggangu organisme lain yang ada dilingkungan persawahan maupun keadaan dr tanah perswahan itu sendiri.
Indah Lestari M.Pd selaku Kaprodi Pend. Biologi UNSA menyatakan bahwa dari diskusi yang kami lakukan dengan ibu IDA ANSHARYANI,ST.,M.Si dan team bahwa banyak ide2 kreatif yg dapat melibatkan mahasiswa biologi Unsa utk mengeksplore keanekaragaman jenis flora dan fauna di indonesia karena di pulau sumbawa sendiri termasuk dalam kawasan konservasi dunia.akan ada kerjasama berkelanjutan yg akan kami lakukan dalam bidang penelitian mau pengabdian masyarakat, tutupnya.

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply