PKKMB UNSA Resmi Dilaksanakan

  • By
  • Posted In

Kampus adalah salah satu sarana bagi setiap elemen masyarakat untuk menuntut ilmu, terutama mahasiswa. Disinilah tempat para ahli dan masyarakat dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan keahlian yang diharapkan. Sarana yang mendukung membuat suasana kondusif bagi para pelajar bereksperimen dan belajar secara maksimal. Oleh karena itu, kebanyakan para pakar dan ahli terlahir dari kampus. Kampus sebagai tempat pengembangan berbagai ilmu, termasuk dalam hal dan perlindungan lingkungan.
Mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan kesiapan akademis, psikologis, dan sosial. Mahasiswa baru juga perlu mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal ini perlu adanya pengenalan kampus yang terprogram dan dikelola dengan baik, sehingga mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan tinggi yang akan mereka jalani selama studi. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar merupakan program pemberian informasi akademik dan kegiatan kemahasiswaan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru untuk memasuki kehidupan kampus sehingga terjadi percepatan adaptasi dengan lingkungan kampusnya. Arah kegiatan pengenalan kampus di UNSA, mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 096/B1/Sk/2016 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru. Kreativitas dan elaborasi para panitia dan beberapa UKM yang ada di lingkup UNSA memberikan warna tersendiri pada PKKMB tahun 2017 ini. berbagai kegiatan dan seminar dilaksanakan yang dikemas dengan penuh kreativitas. Sebelumnya para mahasiswa telah dilengkapi dengan berbagai bekal pra PKKMB sekaligus diberikan perlengkapan PKKMB dari panitia baik berupa seragam, buku panduan, dan lain-lain.
Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 24-26 Agustus 2017, berbagai kegiatan dilaksanakan diantaranya pada hari pertama seminar-seminar penting oleh Dandim, Kapolres, BNN, dan dari Civitas Akademika UNSA. Pada hari kedua giliran BEM dan beberapa UKM memberikan pemahaman tentang Universitas dan organisasi, kemudian diserahkan ke fakultas masing-masing untuk dilaksanakan seminar internal tentang pengenalan fakultas oleh BEM fakultas dan unsur pimpinan fakultas. Pada hari ke tiga dilaksanakan kegiatan bakti sosial, diantaranya gotong royong bersama dan aksi donor darah yang dipimpin oleh UKM KSR UNSA, yang selanjutnya akan diserahkan ke UTD PMI Kabupaten Sumbawa. Pada malam harinya akan diadakan malam keakraban dimana para UKM dan BEM beserta perwakilan-perwakilan mahasiswa baru akan menampilkan kreativitasnya baik berupak acara musik, seni tari, seni drama, teater, dan lain-lainnya. Seluruh elemen kampus terlibat didalamnya, mulai dari civitas akademika UNSA, para UKM, BEM, HMPS, dan komunitas lainnya. mereka saling mengisi satu sama lain untuk mensukseskan PKKMB tersebut. KSR selaku salah satu UKM yang ada di UNSA dengan siap menjalankan tugasnya di bidang kesehatan menyiapkan posko kesehatan PKKMB yang bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Sumbawa, para HMPS menyiapkan tenda-tenda/stand yang menyiapkan keperluan para mahasiswa baru seperti makanan ringan, cendramata, dan lain-lain, begitu juga dengan UKM lainnya.

 

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »