PENYERAHAN SECARA RESMI BEASISWA RABASA DI UNSA

Penyerahan beasiswa Rumah Amal Beasiswa Mahasiswa (RABASA) secara resmi diserahkan kepada tiga mahasiswa UNSA. Jumlah tersebut merupakan kuota untuk tahap pertama beasiswa tersebut. Beasiswa RABASA merupakan satu dari beberapa beasiswa yang ada di UNSA yang dimana para mahasiswa berpeluang untuk mendapatkannya, tentunya setelah memenuhi syarat-syaratnya. Penyerahan secara resmi tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Juni 2016 di Ruang Rektor Universitas Samawa. Penyerahan yang dilaksanakan secara langsung oleh ketua RABASA kepada ketiga mahasiswa UNSA. Wakil Rektor III UNSA yang secara resmi menerima tim dari RABASA, turut mendampingi Wakil Rektor II, Para Dekan, Wakil Dekan dan Kaprodi dari jurusan/prodi mahasiswa penerima beasiswa tersebut. Selain itu turut bergabung dua mahasiswa penerima beasiswa tersebut dari Universitas Cordova Kabupaten Sumbawa Barat. Mengingat kondisi KSB yang dirasakan cukup jauh, serta untuk mempersingkat kegiatan penyerahan, maka kegiatan tersebut dipusatkan di UNSA, dengan gabungan tiga mahasiswa UNSA dan dua Mahasiswa Universitas Cordova, sehingga mereka yang menerima bantuan tersebut berjumlah lima mahasiswa. Adapun jumlah uang yang diterima per mahasiswa adalah Rp. 4.000.000.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam suasana santai dan bincang-bincang hangat. Dr. Budi Prasetyo, M.PA selaku Wakil rektor III dalam sambutan singkatnya menyatakan apresiasi yang luar biasa untuk RABASA yang sudah sangat peduli dengan pendidikan, khususnya yang di daerah. Jumlah yang diterima tersebut terbilang besar jika dibandingkan dengan beasiswa-beasiswa lainnya, dan yang menjadi kekaguman kami adalah bahwa RABASA ini merupakan lembaga lokal yang sangat peduli dengan pendidikan, sambungnya. Beliau juga mengatakan bahwa mahasiswa kami yang emndapatkan beasiswa tersebut adalah mereka yang sudah melewati seleksi yang sangat ketat, ada puluhan mahasiswa yang ikut seleksi, setelah melewati beberapa tahap, maka ketiga mahasiswa inilah yang berhak mendapatkannya, kami lakukan secara professional, karena kejujuran itulah essensi pendidikan, dan UNSA sangat menghargai proses. Warek III berharap nantinya agar pihak RABASA mengajak mahasiswa-mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini untuk menjadi bagian dalam sosialisasi beasiswa ini, hal tersebut akan memicu semangat mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk berprestasi. Selain itu beliau juga mengharapkan agar ada MoU dengan pihak RABASA, hal tersebut menjadi kredit poin bagi institusi/lembaga maupun untuk RABASA sendiri. Pada saat yang sama beliau juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut agar dapat meningkatkan prestasi dan inovasinya, serta uang yang didapatkannya dapat digunakan untuk keperluan-keperluan yang penting dalam menunjang pendidikannya.
Sementara itu, Syukri Rahmad, S.Ag selaku ketua RABASA sendiri menyampaikan apresiasi terhadap UNSA yang sudah menerima kedatangan kami dengan formal seperti ini. beliau juga menyampaikan profil singkat tentang RABASA ini. berawal dari perbincangan kecil namun serius di “Sultan” WhatsApp Grup, yang dimana anggota-anggota grup tersebut adalah tokoh-tokoh Sumbawa baik yang ada di daerah maupun yang sukses di luar daerah. Menghimpun dana orang-orang Sumbawa yang tercecer untuk membantu mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Hanya mencari wadah untuk menampungnya, maka lahirlah RABASA. Luar biasa dan begitu antusias para tokoh tersebut meresponnya. Dalam waktu singkat dana tersebut sudah terkumpul sampai 80 juta, dan datang dari orang-orang yang tidak dikenal pula. Proses inipun membantah stigma buruk “orang Sumbawa saling sateri”. Dalam hal ini beliau juga menyampaikan bahwa beasiswa ini mempunyai standar tersendiri, yang akan menjadi indicator berprestasinya mahasiswa tersebut. Tidak hanya melalui beasiswa, RABASA ini juga dalam bentuk biaya pengobatan, pembangunan sekolah dan permaslahan sosial lainnya. ini merupakan proyek akhirat dan sebuah pekerjaan yang sangat positif, konkrit dan luar biasa, serta baru pertama kalinya. Syukri juga menyinggung bahwa yang menjadi donaturnya adalah mereka tokoh-tokoh Sumbawa yang sukses baik yang ada di daerah amupun di luar daerah, diantaranya yang paling rutin adalah Fahri Hamzah, Pak Taufik di Jambi, dr. Eka, dan lain-lain. Ini adalah proses awal, dan kedepan kami dari RABASA akan bekerja semaksimal mungkin untuk membantu anak-anak daerah melalui pencarian tahap-tahap berikutnya. Pertaggungjawabannya kamilakukan melalui WhatssApp itu sendiri, dan kami juga mempunyai webstite resmi. Wujud nyata pembangunan anak negeri kami lakukan melalu RABASA, tutupnya.

IMG-20160630-WA0016_1

20160702_092729

20160702_092551

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply

Translate »