PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) UNSA DENGAN BERBAGAI PROGRAM TERBAIK

Setelah seluruh rangkaian pendaftaran mahasiswa baru Universitas Samawa (UNSA) selesai, tibalah pada kegiatan pembekalan dan pengenalan kampus untuk mahasiswa baru yang dikemas melalui Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau yang lebih dikenal adalah Ospek Mahasiswa Baru. Kegiatan PKKMB merupakan kegiatan wajib yang sekaligus menandakan secara resmi mahasiswa tersebut telah resmi menjadi keluarga besar UNSA. PKKMB dihajatkan sebagai bekal atau referensi mahasiswa baru tentang kampus atau univetsitas tempat mereka belajar, baik secara administrasi, organisasi, sistem belajar mengajar, pengenalan tufoksi masing-masing bagian administrasi dalam kampus, mengenal tugas dan fungsi mahasiswa itu sendiri, mengenal sistem belajar mengajar di kampus, mengenal organisasi-organisasi mahasiswa, mengenal pimpinan dan dosen yang ada di kampusnya, singkatnya mengenal kampusnya secara keseluruhan.
Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 1-3 September 2016 dengan berbagai kegiatan yang berbeda-beda. Adapun program-program yang dimaksud, adalah : pada hari pertama dilaksanakan pembukaan secara resmi oleh Rektor Universitas Samawa, turut hadir dalam pembukaan tersebut adalah kepala Bank NTB yang sekaligus secara resmi memberikan bantuan CSR Bank NTB kepada UNSA, setelah dilaksanakan pembukaan secara resmi, dilanjutkan dengan program seminar pendidikan di Indonesia, yang isi oleh Wakil Rektor I dan Kepala LPPM UNSA, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang layanan mahasiswa yang di isi oleh Wakil Rektor II dan Kepala Perpustakaan UNSA. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi tentang oganisasi dan kegiatan kemahasiswaan, yang di isi oleh Wakil Rektor III dan Kepala LPPM. Setelah istirahat, sholat dan makan (Ishoma), kegiatan dilanjutkan dengan program pengenalan fakultas, kegiatan akademik dan pengenalan nilai budaya dan etika, yang di isi oleh para dekan, wakil dekan, ketua program studi, kepala Tata usaha, BEM dan HMPS fakultas masing-masing.
Pada hari kedua, masih dilanjutkan dengan kegiatan di fakultas masing-masing. Khsusus di kegiatan fakultas, fakultas bersama BEM fakultas dan HMPS telah mempersiapkan berbagai macam kegiatan yang diberikan hak penuh oleh lembaga untuk lebih kreatif dalam membimbing mahasiswa baru di fakultas masing-masing. Para mahasiswa yang tergabung dalam BEM begitu aktif dan antusias melaksanakan programnya. Berbagai kreatifitas dan inovasi ditunjukan oleh senior-seniornya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa baru (juniornya). Setelah berbagai kegiatan yang dipusatkan di fakultas masing-masing, para mahasiswa baru kembali menerima program lainnya yaitu tentang penegrtian organisasi mahasiswa (ormawa) Universitas yang di isi oleh BEM Universitas dan para ketua UKM se-UNSA, yang dipusatkan di Auditorium. Pada hari ketiga yaitu hari terkahir, dilaksanakan program Green Living Movement jalan santai dan pagelaran keratifitas mahasiswa. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan santai, hiburan yan penuh kreatif yang melibatkan seluruh civitas akademika UNSA. Jalan santai sebagai wujud mempererat silaturhaim keluarga besar UNSA dengan berbagai kegiatan sosial lainnya, setelah tiba dikampus (finish) dilaksanakan pagelaran seni, baik drama, panggung hiburan dan kegiatan lainnya yang di isi oleh para mahasiswa baru, selanjutya kegiatan PKKMB di tutup secara resmi di panggung hiburan tersebut.
Output dari kegiatan tersebut adalah sebagai mahasiswa baru agar menegnal seluruh apa yang ada rumah pendidikan tempat mereka menuntut ilmu tersebut, sehingga mereka dapat lebih luas dalam berpikir dan berkreatifitas setelah mereka aktif menerima materi kuliah nanti, selain itu adalah untuk memperkuat silaturrahim secara internal keluarga besar UNSA. Mengingat kegiatan PKKMB merupakan kegiatan internal sebuah kampus, karena didalamnya memperkenalkan komponen apa saja yang ada dalam kampus tersebut, maka dari pihak lembaga tidak perlu mengisi kegiatan tersebut yang bersifat eksternal atau mengundang pihak-pihak lain dalam mengisi kegiatan tersebut. Selamat belajar, selamat datang di kampus biru UNSA, kampus terbesar di pulau Sumbawa.

IMG-20160901-WA0026

IMG-20160901-WA0029

IMG-20160901-WA0051

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply