PEMECAHAN REKOR DUNIA DAN PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN LAPAS SUMBAWA DENGAN UNIVERSITAS SAMAWA

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, KEMENKUMHAM RI menyelenggarakan kegiatan pemecahan rekor dunia “Menyanyikan Lagu secara Serentak di Lokasi dan Narapidana Terbanyak” yang kemudian dirangkaikan dengan perlombaan permainan tradisional, seperti Lomba Bakiak, Lomba Egrang, Lomba Gobak Sodor dan lain lain. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 15 agustus 2016 secara serentak diseluruh Lapas dan Rutan Se-Indonesia ini dibuka oleh Menkumham Yasonna Laoly di Lapas Cipinang melalui fasilitas Vidio Conference. Hadir pula beberapa Menteri Kabinet dan Ketua Umum MURI Jaya Suprana.
Kegitan yang mengusung tema “Pemasyarakatan PASTI SMART Untuk Indonesia Hebat“ ini untuk wilayah NTB dipusatkan di Lapas Sumbawa. Hadir dalam acara yang dilaksanakan di lapangan Lapas tersebut Kakanwil Kemenkumham NTB Sevial Akmily beserta Kadiv Pemasyarakatan. Hadir juga Rektor UNSA Prof.Dr. Syaifuddin Iskandar,M.Pd. Kehadiran Prof.Ude (Panggilan akrab Rektor UNSA) sekaligus untuk menandatangani Nota Kesepahaman Kerja sama pembinaan Narapidana antara Lapas Sumbawa dengan Universitas Samawa UNSA). Hadir juga menemani Prof.Ude yaitu Dr.Budi Prasetyo, MAP selaku Wakil Rektor III UNSA.
Nota kesepahaman yang ditanda tangani oleh Rektor UNSA dan Kalapas Sumbawa HM.Latif Safuddin,Bc.IP.,SH.,MH memuat beberapa point kerja sama dalam pembinaan warga binaan Lapas Sumbawa. Hal ini sesuai dengan fungsi Universtas dalam TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI dan sesuai juga dengan amanat UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 1999 tentang Kerjasama Penyelenggara dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan.
Sekitar 300an Warga Binaan Lapas Sumbawa dan Ratusan Pegawai UPT Pemasyarakatan beserta Dharma Wanita Persatuan menyaksikan penanda tanganan Kerjasama ini. Terlihat antusias warga binaan yang tanpa komando langsung meneriakkan “HIDUP UNSA, HIDUP REKTOR”. Setelah penanda tanganan kerjasama, rektor UNSA secara simbolis memberikan sumbangan karpet untuk masjid Lapas Sumbawa. Kegiatan yang juga dimeriahkan konvoi berkuda ini ditutup dengan panggung hiburan. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Pegawai Lapas begitu antusias larut dalam suasana kebersamaan, semangat dan kemeriahan pesta perayaan Kemerdekaan Indonesia.

 

IMG-20160818-WA0034

 

IMG-20160818-WA0035

 

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »