Kontes Motor Hemat Oleh FakultasTekhnik UNSA

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar dituntut mempersiapkan diri mengadapi era baru yang mengedepankan pentingnya wawasan dan pengetahuan otomotif, manajemen organisasi, serta informasi dalam dunia global. Karena itulah mahasiswa harus mampu survive dan inovatf sesuai dengan bidangnya. Fakultas Tekhnik UNSA melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tekhnik Mesin Fakultas Tekhnik UNSA mengadakan kegiatan Kontes Motor Hemat.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa Teknik Mesin dan segenap masyarakat untuk melihat segi manfaat dari kegiatan Kontes Motor Hemat 2016. Kegiatan ini ditekankan pada konsumsi/pemakaian bahan bakar minyak (BBM) sepeda motor, yang mana saat ini kelangkaan dan mahalnya BBM menjadi permasalahan yang selalu dihadapi oleh masyarakat. Belum lagi sepeda motor sebagai alat transportasi masal dengan jumlahnya yang banyak karena harganya mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Seiring dengan hal itu maka lahirlah ide dari mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Samawa Sumbawa Besar mengadakan suatu kegiatan “KONTES MOTOR HEMAT Se-Kab. SUMBAWA”.
Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ajang tahunan dan diselenggarakan dengan konsep berbeda sehingga membantu para mahasiswa khususnya dalam mendekatkan diri dengan dunia industri otomotif. Maka melahirkan sumbangsih pemikiran dan tenaga sebagai bentuk aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, serta menumbuhkan rasa percaya diri akan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa.
Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah menumbuh kembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bentuk kegiatan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan baik secara proses maupun hasil. Memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNIVERSITAS SAMAWA SUMBAWA BESAR pada Minggu, 11 Desember 2016. Sementara tema dari kegiatan tersebut ” Melalui Kontes Motor Hemat 2016, program studi teknik mesin siap menuju persaingan global “. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman depan Fakultas Teknik Universitas Samawa (kampus bileng monte) Jl. Raya Semongkat Km 1 Kec. Unter iwes Kab. Sumbawa.
Kontes Motor Hemat ini akan di ikuti oleh kalangan Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat umum se-Kab.Sumbawa. Dalam kontes ini akan diadakan dua kelas Sepeda Motor Karburator yaitu 100-110 cc dan 125 cc, jenis sepeda motor yang dilombakan merk Honda, sepeda motor mengelilingi lintasan yang telah ditetapkan oleh panitia lomba, dan penilaian dilakukan dengan kriteria “ Hemat Bahan Bakar Minyak” (sudah diatur dalam mekanisme lomba). Kegiatan tersebut mendapat support oleh REKTOR UNSA, DEKAN FAKULTAS TEKNIK UNSA, ASTRA MOTOR, NSS SUMBAWA, PLTD LABUAN SUMBAWA, POCARI SWEAT, dan lain –lain.

img-20161211-wa0029_1

img-20161211-wa0011

img-20161211-wa0026_1

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply