Kemah Belajar Bersama Peternak Oleh Prodi Ilmu Peternakan

Organisasi internal mahasiswa yang ada di Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Samawa (UNSA) sebagai bagian dari pergerakan mahasiswa mempunyai cara tersendiri dalam belajar, praktik, dan melatih visi yang ada di Prodinya. Seperti apa yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Sekolah Peternakan Rakyat (SPR Club), Kelompok Mahasiswa Kreatif (KMK SLF), HMPS Peternakan yang bekerjasama dengan Pusat Kerbau dan Sapi UNSA mengadakan program kemah dan belajar bersama peternak yang diberi tajuk “Belajar Bersama Peternak di Wilayah Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Gerbang Selatan Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa”. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari sabtu-senin, 10-12 Desember 2016 di Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu.
Kegiatan tersebut dipoles dalam bentuk kemah, praktik lapangan (peternakan), pemberian materi oleh para dosen Ilmu Peternakan dan kegiatan edukatif lainnya. Adapun peserta dari kegiatan tersebut adalah melibatkan seluruh mahasiswa Prodi peternakan UNSA angkatan 2012-2016. Sementara narasumber dari kegiatan tersebut adalah Syahdi Mastar, S.P.,M.Si (Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan UNSA), Asrul Hamdani, S.Si.,M.Si (Kaprodi Peternakan FPP UNSA), dan Amrullah, S.Pt.,M.Si (Ketua Pusat Riset Kerbau dan Sapi UNSA, Dosen Ilmu Peternakan FPP UNSA).
Adapun output dari kegiatan tersebut, bagi UNSA sendiri adalah terjadinya kerjasama antara Universitas dengan desa yang menjadi target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, terjalinnya kerjasama antatar FPP khususnya Prodi Peternakan dengan desa yang menjadi Sentra Peternakan Rakyat (SPR) yang bergerak di subsector peternakan. Bagi mahasiswa sendiri adalah terbinanya mahasiswa yang mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat terlebih masalah peternakan, terealisasinya model dan metode pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pedesaan, tercipta pola pendekatan mahasiswa kepada masyarakat secara langsung, terjalin hubungan kejasama antara organisasi internal kampus dengan desa yang menjadi tempat kegiatan. Bagi masyarakat sendiri adalah terciptanya pola peternakan yang mampu memberikan kontribusi yang cukup besar kedepannya. Kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin setiap tahunnya dilakukan oleh Prodi Ilmu Peternakan UNSA sebagai metode belajar yang inoivatif dan kreatif yang langsung menyentuh dengan alam, peternakan rakyat dan praktifmateri dan teori yang ada dikampus.
#ProdiPeternakanUNSA

20161214_105226

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Post Comments

1 Comment

    • ifadah

      Salam kenal, saya ifadah dari MNC TV. saya sangat tertarik tentang sosok pak mukhsin pendiri SPR Gerbang Selatan ini.saya ingin menghubungi beliau, mungkin bisa saya jadikan narsum. bisakah minta no tlp beliau.

      saya bisa dihubungi melalui email di atas atau ifadah27@gmail.com

Leave us a reply