Kegiatan Bakti Lingkungan HMPS MSDP UNSA

Sebanyak dua puluan lebih, Mahasiswa program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) Universitas Samawa mengadakan Bakti lingkungan dan kerja bakti massal di Dusun Labu Ijuk, Desa Olat Rawa Kec Moyo Hilir. Kegiatan bakti lingkungan ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan mahasiswa untuk berpartisipasi menjaga dan memelihara lingkungan khususnya lingkungan pesisir dan laut. Kegiatan yang dilakukan pada hari Minggu Tanggal 22 November 2015 berlokasi di sekitar pantai yang selama ini masih banyak digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Dalam kegiatan ini mahasiswa bersama masyarakat Labu Ijuk secara bersama-sama gotong royong dalam membersihkan sampah yang berada di sekitar pantai. Kegiatan ini sengaja dilakukan pada bulan ini mengingat akan datangnya musim hujan, seperti diketahui sampah-sampah jika tidak dibersihkan akan terbawa oleh aliran air dan akan masuk ke perairan laut yang secara langsung maupu tidak langsung keberdaannya dalam perairan akan menjadi bahan pencemar. Banyak sekali dampak yang akan ditimbulkan dari pencemaran perairan yang diakibatkan oleh sampah diantaranya ialah terganggunnya habitat ikan dan organisme lainnya. Oleh karena itu, tujuan utama kegiatan ini ialah meminimalisir jumlah sampah dan zat pencemar lainnya masuk ke dalam perairan. Disamping itu, tujuan lainnya dari kegiatan ini ialah membentuk karakter mahasiswa yang memiliki jiwa empati dan semangat cinta lingkungan serta sebagai wujud perguruan tinggi dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang diantaranya adalah pengabdian kepada masyarakat.
Kegiatan bakti lingkungan tersebut mendapat sambutan antusias dari Pemerintah Desa dan masyarakat Dusun Lab Ijuk. Selain ikut serta dalam membersihkan sampah, masyarakat Dusun Lab Ijuk menyambut dengan ramah dan bahkan menyiapkan konsumsi untuk mereka yang melakukan kerja bakti. Dalam sambutannya, Kepala Dusun Lab Ijuk menyampaikan terimakasih kepada HMPS MSDP yang telah peduli kepada masyarakat sekitar terutama masyarakat Labuhan Ijuk. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti itu bisa terus digalakkan dan jika memungkinkan, diharapkan Labu Ijuk menjadi prioritas lokasi KKL Universitas Samawa.
Melihat manfaat dan sambutan yang sangat antusias dari masyarakat, ketua HMPS MSDP menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini akan terus dikembangkan dan kedepannya akan mencoba menjalin kerjasama dengan beberapa instansi atau perusahaan-perusahaan swasta. Tidak hanya kegiatan bersih-bersih, rencana bakti lingkungan yang menjadi prioritas ialah penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang. 

Related Post

Leave us a reply