HIMAFI UNSA SUKSES MENGGELAR LOMBA KREATIFITAS SISWA

 

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UNSA suskes menggelar Lomba Kreatiftas Siswa. Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium UNSA tersebut bertemakan ”Aktualisasi Peran Fisika Melalui Kreatifitas Siswa”. Turut hadir dari unsur pemerintah yaitu dari Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa dan Unsur pimpinan FKIP UNSA. Kegiatan tersebut berlangsung hari Sabtu, 21 Mei 2016, Pukul 08.00 Wita-selesai. 13 Tim dari berbagai SMA di Sumbawa ikut berkompetisi dalam kegiatan tersebut, termasuk diantaranya SMAN 1 Lunyuk dan SMAN 1 Alas Barat. Para peserta mempersentasikan hasil produk di depan dewan juri. Produk tersebut merupakan produk bebas dalam dunia fisika yang dibuat sendiri oleh peserta (tim). Sistem lombanya adalah mereka (tim) mempersentasikan hasil karyanya maksimal 15 menit di depan dewan juri dan penonton, 10 menit untuk menjelaskan produknya dan 5 menit untuk Tanya jawab dengan dewan juri, membuat laporan tentang produk yang dibuat yang diserahkan ke dewan juri, kemudian dewan juri menilai melalui Tanya jawab (dialog) sebagai bentuk pertanggungjawaban dari peserta terhadap produk yang sudah dipersentasikan. Siapa tim yang mampu menyakinkan dewan juri dengan produk dan persentasinya, itulah yang akan menjadi juara. Dewan juri terdiri dari para dosen Ilmu Fisika Universitas Samawa.
Setelah serangkain kegiatan dilaksanakan, adalah SMAN 1 Utan selaku tim terbaik, dengan tema produk “ Jembatan Hidrotik. Sementara untuk juara 2 berasal dari tim SMAN 1 Plampang, dengan tema produk “ Larutan Buah Asam Muda Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif”. Untuk juara 3 diraih oleh SMAN 1 Alas Barat, dengan tema produk “Generator Mini Van de Groff Sederhana Sebagai Alat Fisika Dalam Penerapan Listrik Statis”. Mereka masing-masing mendapatkan Piala, Piagam Perhargaan dan Uang pembinaan.
Romi Aprianto, MSc, salah satu dewan juri yang juga selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UNSA mengungkapkan rasa haru dan apresiasinya kepada seluruh SMA yang ikut berkomptesisi, saya melihat kegiatan ini merupakan wadah bagi siswa dalam mengembangkan bakat dan kreatifitasnya dalam mengaktualisasikan konsep Fisika, kegiatan seperti ini harus menjadi budaya akademik untuk mempersiapkan generasi emas Sumbawa, sambung dari Dosen muda yang mengambil gelar doctor di Australia tersebut. Melihat produk-produk yang mereka buat, saya melihat potensi anak Sumbawa sangat bagus, dan saya melihat sepertinya para ilmuan masa depan sedang berkumpul di Auditorium UNSA, saya juga sangat mengapresiasikan kepada HIMAFI yang mempunyai ide melaksanakan kegiatan kreatif seperti ini, tutup dosen yang juga pengurus dari American Assosiation of Petroleum Geologist (AAPG) tersebut.

20160521_205959

20160521_205654

20160521_205427

 

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply