Ayo Sukseskan Seminar Nasional Pendidikan di UNSA

  • By
  • Posted In

Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif dan unggul. Menghadapi MEA, peran pendidikan sangat membantu kemajuan perkembangan SDM di Indonesia, untuk mencapai kesuksesan pada era pasar bebas ASEAN. Oleh karena itu, untuk memajukan pendidikan di Indonesia tidak hanya dengan mengubah kurikulum dan melengkapi sarana dan prasarana saja, tetapi juga memperhatikan pembangunan SDM yang akan mengemban pendidikan tersebut.
Sebagai upaya mewujudkannya, pemerintah harus menyiapkan sekolah-sekolah khusus yang sesuai dengan lapangan kerja. Sekolah-sekolah tersebut harus mampu membekali kompetensi untuk berinovasi dan membangun jaringan/komunikasi. Selain itu, peningkatan peran pemerintah dalam menyelesaikan masalah pendidikan dapat dilakukan dengan mengalokasikan anggaran pendidikan yang memadai disertai dengan pengawasan penggunaannya. Perbaikan pendidikan di Indonesia.tidak hanya melibatkan pemerintah, tetapi juga peran masyarakat sangat membantu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yang mampu bersaing secara global. Dengan demikian Indonesia dapat diyakini mampu dan siap menghadapi segala sesuatu yang timbul dalam menyonsong Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan latar tersebut, Universitas Samawa (UNSA) melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSA akan melaksanakan seminar nasional.seminar yang akan dilaksanakan tersebut merupakan seminar pendidikan terbesar di Pulau Sumbawa.
Kegiatan tersebut akan berlangsung pada hari Sabtu, 26 November 2016, Jam : 07.30-13.00 di Auditorium Universitas Samawa Sumbawa Besar. Adapun temanya adalah “ Revitalisasi Budaya Lokal dalam Mengahadapi Tantangan Pendidikan pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Tujuan pelaksanaan Seminar Nasional ini, sebagai berikut: Memetakan masalah-masalah pendidikan yang akan dihadapi pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN, memberikan pemaknaan mengenai implementasi kearifan lokal, menemukan solusi bagi setiap permasalahan pendidikan pada era MEA.
 Sub Tema

1) Masyarakat Ekonomi ASEAN
2) Peranan guru dalam memberntuk SDM yang berkualitas.
3) Kearifan lokal yang dapat dijadikan landasan bagi para pendidik
4) Kebijakan nasional tentang pendidikan

 Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini adalah seminar setengah hari yang berisi diskusi panel mengenai kebutuhan dalam merevitalisasi budaya lokal untuk menjawab tantangan pendidikan pada era Msyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 Deskripsi Kegiatan

Seminar ini dikemas dalam bentuk diskusi panel dengan empat pembicara dan satu moderator. Para pengisi acara merupakan akademisi, peneliti, sekaligus praktisi dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

 Pembicara

1. Prof. Suyanto, Ph.D (UNY)
(Dosen Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta) Tema : Masyarakat Ekonomi ASEAN

2. Prof. Mahsun (UNRAM)
(Dosen Bahasa Universitas Mataram) Tema : Peranan Guru dalam Memberntuk SDM yang Berkualitas.

3. Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd (UNSA)
(Dosen Ekonomi Universitas Samawa) Tema : Kearifan Lokal yang dapat Dijadikan Landasan bagi para Pendidik

4. Drs. H. Muh. Suruji
(Kepala Dinas DIKPORA Provinsi NTB) Tema : Kebijakan Nasional tentang Pendidikan

 Moderator
• M. Iksan, M.Pd (Dosen Pendidikan Ekonomi)

 Peserta Kegiatan

Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 500 peserta, yang meliputi:
1. Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
2. Dosen dan guru
3. Mahasiswa S1, S2, dan S3
4. Masyarakat pemerhati pendidikan

Mari sukseskan kegiatan tersebut. Info lebih lanjut dapat menghubungi FKIP UNSA.

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »