Anggota Dewan Pertimbangan Forum Rektor Isi Bimtek PKM Dosen dan Mahasiswa Teknokrat

Guna menyiapkan mahasiswa dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018, Universitas Teknokrat Indonesia menggelar Bimbingan Teknis PKM bagi dosen dan mahasiswa pada Sabtu (22/12/2018).

Acara yang bertempat di Ruang Pertemuan GSG tersebut menghadirkan anggota Dewan Pertimbangan Forum Rektor Indonesia, yang juga mantan Rektor Universitas Samawa Nusa Tenggara Barat (NTB) Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd.

Di hadapan puluhan dosen dan mahasiswa, Prof Iskandar, menjelaskan sejumlah trik agar proposal PKM mahasiswa dapat lolos. Menurutnya mahasiswa harus memiliki ide/gagasan yang menarik dan ‘gila’.

“Buatlah ide-ide kreatif yang menarik, unik dan tidak biasa. Setelah itu buatlah judul yang unik dan menarik,” jelas Prof Iskandar.

Iskandar menambahkan, memang tidak mudah untuk lolos, karena harus bersaing dengan kampus se-Indonesia. Oleh karena itu menurutnya, kampus melalui dosen harus terjun dalam membimbing dan mengawal mahasiswa. “Perlu peran intensif dari dosen. Dosen harus mengawal dari awal sampai akhir mahasiswa upload proposal,” tuturnya.

PKM merupakan program yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti RI). Program tersebut menjadi ajang bagi mahasiswa se-Indonesia dalam berkarya di berbagai bidang keilmuan. Para finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas).

Pada PKM 2018 ini, kategori proposal terdiri dari PKM 5 Bidang (PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-T, PKM-KC), PKM Karya Tulis (KT : PKM-AI, PKM-GT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang merupakan kategori baru.

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply