Akhirnya UNSA Terakreditasi INSTITUSI

Seluruh Civitas Academika Universitas Samawa (UNSA) kini boleh lega setelah hasil Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyatakan Universitas Tertua di Sumbawa itu sebagai Perguruan Tinggi Terakreditasi. Wakil Rektor III UNSA dr. Budi Prasetyo, S.Sos saat ditemui Gaung NTB, senin mengucapkan rasa syukurnya atas terbitnya SK Nomor : 1242/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2015 tanggal 19 Desember 2015.

Diungkapkan, hasil Akreditasi tersebut didapatkan pada usia UNSA yang ke 17, “Alhamdulillah UNSA telah terakreditasi”, katanya.

Sebagaimana diketahui sebuah Tim Acessor dari BAN-PT turun ke Sumbawa pada bulan November dan mengambil penilaian. “Hasil penilaian BAN-PT hany ada 2 level yakni terakreditasi dan non terakreditasi, Alhamdulillah kita terakreditasi,” ulangnya dengan mata berkaca-kaca.

Menurut dia, terakreditasinya UNSA akan menjadi pemicu dalam meningkatkan kualitas sebagai Perguruan Tinggi di Tana Samawa, hal itu sesuai dengan Visi dan Misi UNSA sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang berbasis budaya lokal dan berdaya saing global.

Sehingga tahun 2016 ini, katanya UNSA bisa disamakan bahkan mampu melebihi Universitas yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam hal meningkatkan kompetensi daya saing dan tentunya juga bersaing secara sehat. Karena dengan adanya akreditasi tersebut menandakan bahwa UNSA lebih menekankan pada kampus yang ‘Good Practice’ dimana sehat cara bersaingnya, sehat akuntabilitasnya dan outpunya juga sehat.” Terang Budi.

Kedepan, terang Budi, semua program studi yang masih terakreditasi C harus ditekankan menjadi Akreditasi B. Dari 14 Program Studi, ada 3 Program Studi yang sudah terakreditasi B, 11 Program Studi lainya akan dipacu dalam meningkatkan kualitasnya sehingga dapat memperoleh Akreditasi B. “kami targetkan dalam 2 tahun katanya tegas.

Bukan hanya itu jajaran civitas Akademika UNSA juga lebih meningkatkan kualitas para dosen yang ada. Pada tahun 2016 ini, ada 19 orang dosen yang berangkat untuk menempuh Doktor (S3) dibeberapa perguruan tinggi yang ada  di Indonesia, sehingga 2 atau 3 tahun kedepan kualitas dari tenaga pendidik UNSA semakin berkembang dan akan menghasilkan beberapa doktor dalam pengembangan nilai-nilai Akreditasi. “Akan tetapi yang lebih penting terakreditasinya UNSA bisa dijadikan sebagai pemicu dan pemacu dalam hal mengelola dan memberikan yang terbaik, baik tau dan tana samawa.”

Saat disinggung mengenai penegrian, Budi menyatakan bahwa Akreditasi merupakan salah satu syarat UNSA menuju Perguruan Tinggi Negeri. Sejauh ini semua anggota tim Penegrian UNSA tetap mengkomunikasikan, mengkonsultasikan bahkan mengejar penegrian. Hal itu semua masih dalam proses. Maka untuk itu dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan agar UNSA menjadi perguruan tinggi yang dibanggakan oleh masyarakat.
CYMERA_20160126_112144

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »