FRI Dorong Pemerintah Miliki Haluan Negara

  • By
  • Posted In

FORUM Rektor Indonesia (FRI) mendorong pemerintah untuk memiliki haluan negara sebagai panduan untuk mencapai keberhasilan pembangunan dan menciptakan kesejahteraan rakyat.

“Setiap negara, memerlukan haluan negara. Tidak ada negara yang maju tanpa haluan yang baik,” ujar Wakil Ketua FRI, Asep Saefuddin, di Jakarta, Selasa (19/9).

Asep mengatakan, tanpa adanya haluan negara, tujuan pembangunan Indonesia menjadi tidak berkesinambungan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pembangunan hanya merupakan penjabaran dari visi misi Presiden dan kekuatan politik.

“Indonesia dengan perubahan politik dan perundang-undangan yang dinamis dan tidak memiliki haluan, seakan semuanya diserahkan kepada Presiden dan politik. Padahal, keberadaan haluan negara itu sangat penting,” jelas dia.

Menurut dia, tanpa adanya haluan negara yang menjadi pegangan, pembangunan menjadi tidak terarah. Haluan negara itu seharusnya menjadi pegangan semua presiden sebagai arah pembangunan nasional.

Sementara itu, Ketua Pokja Haluan Negara FRI, Ravik Karsidi, mengatakan, haluan negara menjadi kiblat atau pedoman dasar bagi pemerintah untuk menciptakan pembangunan jangan panjang.

“Kami ingatkan pentingnya haluan negara. Kalau tidak ada, pembangunan tidak terarah dan cita-cita pembangunan tidak tercapai,” kata Ravik.

Ia berharap, semua pihak, khususnya semua lembaga negara, agar ikut memikirkan hal tersebut. “Termasuk tokoh-tokoh politik,” imbuhnya.

Menurut dia, visi dan misi Presiden yang disusun secara detail sebagai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJJ) tidak bisa dijadikan sebagai pedoman atau haluan pembangunan seluruh bangsa.

“Dengan adanya haluan negara, pengawasan jalannya pembangunan juga semestinya lebih kuat. Pasalnya, seluruh bangsa tahu ke mana seharusnya arah tujuan bangsa,” kata Ravik.

Disisi lain, menurut Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd selaku salah satu anggota dewan penasehat FRI yang juga sebagai Rektor Universitas Samawa Sumbawa Besar menyatakan  bawah eksistensi GBHN saat ini sangat penting sebagai wadah atau rumah visi misi bangsa menuju bangsa yang benar-benar kuat sesuai dengan kekayaan yang dimiliki berupa SDA maupun sumberdaya lainnya. saatnya kita kembali kuat melalui GBHN.

Share Now

More Posts By

Related Post

Leave us a reply

Translate »