UNSA Kampus Terbaik Bidang Research di Pulau Sumbawa

Universitas Samawa (UNSA), saat ini telah mendapat predikat sebagai kampus terbaik bidang research atau penelitian di Pulau Sumbawa. Meski demikian, Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd, tidak bosan dan terus memacu semangat Dosen agar ke depannya terus lebih aktif dalam melakukan research. Menurut Rektor, peran seorang Dosen bukan hanya sekedar memberikan perkuliahan kepada mahasiswa. Melainkan, research juga menjadi tugas utama yang harus dilakukan Dosen. ‘’Dosen wajib untuk meneliti dan menulis, karena itu juga tugas utama dosen. Itu Tri Daharma Perguruan Tinggi, jadi wajib dilakukan,’’ tegas Rektor, dihadapan para Dosen saat penutupan kegiatan Milad UNSA XVIII di Lapangan Kampus UNSA, Sabtu 31 Desember 2016 (Malam tahun baru 2017).
Dijelaskan, dari hasil research yang dilakukan para Dosen tentu akan melahirkan karya yang bersifat ilmiah. Hal tersebut penting dan sangat memberikan asas manfaat kepada masyarkat dan Dosen itu sendiri. Jika Dosen tidak memiliki karya ilmiah, lanjut Rektor, maka karir akademiknya akan mentok. ‘’Peran dosen itu sangat sentral. Ayo segera lakukan research-research ilmiah, jangan sampai terlambat. Harus selalu mengupdate ilmu pengetahuan. Dosen UNSA harus terus berkarya. Tahun ini, kami sudah mendapat predikat kampus research terbaik II di NTB, setelah UNRAM. Ke depannya harus di tingkatkan lagi,’’ harapnya.
Melalui kesempatan tersebut, Rektor juga mengakui masih adanya sejumlah Dosen yang dinilainya masih kurang aktif dalam melakukan research. Namun mulai 2017 ini, Rektor akan lebih tegas dan fokus dalam mendorong para Dosen untuk lebih aktif lagi. ‘’Inilah kadang-kadang Rektor rewel, galau kalau tahu ada dosen yang kurang aktif. Mulai sekarang 2017, khusus dosen menjadi perhatian utama saya dan kita semua supaya betul meningkatkan diri lebih baik lagi,’’ pungkasnya.

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply

Translate »