MELALUI KKL, MAHASISWA UNSA SIAP MEWUJUDKAN MISI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Kuliah Kerja Lapangan (KKL), merupakan agenda rutinitas yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa, karena KKL merupakan agenda yang masuk dalam Mata Kuliah yang berjumlah 4 SKS. Pelaksanaan KKL juga merupakan salah satu wujud dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian) bagi mahasiswa yang sudah masuk semester 7 . Dalam hal ini, Universitas Samawa (UNSA) siap memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat melalui KKL tersebut. Jumlah mahasiswa UNSA yang KKL adalah 469 Mahasiswa yang tersebar di 8 kecamatan/24 desa di Kabupaten Sumbawa.
Pembekalan KKL secara kolektif telah dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2016. Sedangkan pelepasan peserta KKL secara resmi dilaksanakan pada hari Senin, 8 Agustus 2016 di Auditorium UNSA. Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut adalah Rektor UNSA, Wakil Bupati Sumbawa, Seluruh Pejabat Struktural di lingkup UNSA, Camat dan Kepala Desa tempat Mahasiswa akan KKL, serta yang special hadir ananda Syifa Fadia Maulida (Sang Juara Nasional pada MTQ Tingkat Nasional ke XXVI golongan Tartil) bersama Orang Tua dan Guru ngajinya). Pra acara diawali dengan pembacaraan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an oleh sang juara Nasional yaitu Syifa Fadia Maulida. Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd selaku Rektor UNSA dalam sambutannya terlebih dahulu mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi yang sangat prestisius oleh salah satu putri terbaik daerah yaitu Syifa Fadia Maulida yang telah mengharumkan nama NTB, Khususnya Sumbawa di MTQ tingkat Nasional beberapa hari yang lalu. Terkait dengan KKL, Prof Ude sapaan akrabnya menitip pesan kepada para mahasiswa yang KKL agar siap mengabdi untuk kepentingan dan kemanfaatan masyarakat, bahwa mahasiswa harus menjadi contoh terbaik bagi masyarakat, berbuatlah yang kreatif, walaupun sederhana namun manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, itu yang terpenting, katanya. Jaga sikap, sopan santun, perilaku sebagai generasi bangsa, berbuatlah yang terbaik bagi masyarakat karena KKL merupakan wujud dari pengabdian kepada masyarakat, sambungnya. Kepada para Camat dan Kepala Desa, Prof Ude juga menitip pesan agar bisa menjaga para mahasiswa, bimbinglah mereka, tegur mereka jika salah, saya menitip mereka (para mahasiswa) untuk belajar bermasyarakat dan mengabdi untuk masyarakat melalui program-programnya kepada bapak sekalian. Mereka akan bersama bapak-bapak sekalian selama 2 bulan dan nanti aka nada acara/kegiatan penarikan secara resmi, tutupnya.
Sementara itu Drs. H. Mahmud Abdullah (Wakil Bupati Sumbawa) dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi akan wujud nyata yang akan dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka berafilisasi dengan masyarakat untuk membantu setiap program yang ada di masyarakat, karena hal tersebut merupakan bentuk nyata dari pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga menitip pesan bahwa dengan adanya dana desa dari pemerintah pusat yang dianggap cukup maksimal, maka desa akan berkreasi secara mandiri dengan dana yang ada, sehingga dalam hal ini eksistensi mahsiswa UNSA melalui KKL harus mampu menjadikan desa bebas patologi finansial termasuk rentenir. Pada prinsipnya kami mensupport apa yang menjadi kegiatan wajib mahasiswa serta kami percaya bahwa mahasiswa UNSA optimis untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat, tutupnya. Selanjutnya para mahasiswa yang akan melaksanakan KKL bersiap untuk mengunjungi desa/tempat KKL masing-masing. Sukses, selamat berkreatifitas dan selamat mengabdi untuk masyarakat.

“Agent Of Change”

20160808_230350

20160808_230558

20160808_230449

20160808_230300

Share Now

Heri Kurniawan

More Posts By Heri Kurniawan

Related Post

Leave us a reply